Thursday, 13 July 2017

Pentingnya Kekuatan Perhatian

Kita semua tahu bahwa perhatian adalah keterampilan yang sangat diinginkan, tapi berapa banyak orang yang Anda kenal memiliki keterampilan ini?

Saya tidak perlu memberi tahu Anda mengapa ini adalah keterampilan penting, dan apa gunanya dan manfaatnya. Ini adalah suatu keharusan bagi setiap orang, di semua bidang kehidupan.

Untuk mendapatkan kesuksesan, Anda perlu memusatkan pikiran Anda, dan untuk menenangkan kegelisahan dan kecenderungan untuk terus beralih dari satu topik ke topik lainnya.

Setiap tindakan membutuhkan perhatian atas keberhasilannya. Bekerja, berbicara, belajar dan bermain membutuhkan perhatian. Bahkan mencuci, membersihkan rumah atau memasak memerlukannya, agar bisa ditangani secara efisien.

Orang tidak terlahir dengan kekuatan perhatian. Ini adalah keterampilan yang perlu dikembangkan.

Kami mencoba menarik perhatian bayi dengan membuat suara aneh. Nantinya, kami memusatkan perhatian anak, dengan membacakan cerita-ceritanya. Seiring pertumbuhan anak, mereka diwajibkan untuk fokus pada studi dan pekerjaan rumah mereka. Semua kegiatan ini, membantu sampai batas tertentu, untuk mengembangkan dan memusatkan perhatian, tapi tidak cukup, karena selalu ada gangguan.

Ada kalanya perhatian menjadi mendalam, meski tanpa disengaja, dan tanpa melakukan kontrol nyata terhadapnya. Anda pasti pernah mengalami beberapa kali kekosongan total ke dunia luar, saat Anda diserap menonton film thriller yang menarik, atau saat membaca buku yang menawan. Hal ini biasanya terjadi saat kita melakukan aktivitas yang kita nikmati dan cintai.

Agar kemampuan ini bermanfaat, itu harus berada di bawah kendali kehendak Anda. Anda harus bisa menentukan di mana dan kapan memusatkan pikiran. Kekuatan perhatian yang nyata dan efektif harus tersedia kapanpun Anda membutuhkannya.

Setiap hari, Anda diberi banyak kesempatan untuk memperkuat kekuatan perhatian Anda, apakah kita tidak menyadari peluang ini.

Sebenarnya, setiap tindakan bisa berubah menjadi latihan untuk mengembangkan keterampilan ini. Pindahkan pikiran Anda pada apapun yang Anda lakukan, dan cobalah berkonsentrasi tanpa memindahkannya ke hal lain.

Hal ini sangat berguna untuk melatih latihan konsentrasi, namun jika Anda tidak dapat menemukan waktu dan tempat untuk mempraktikkannya, Anda dapat mengubah keseluruhan hari menjadi latihan yang menyenangkan. Yang Anda butuhkan adalah mencoba untuk fokus pada apa pun yang Anda lakukan, dan pada waktunya, kemampuan Anda untuk melakukannya akan meningkat.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan memperkuat perhatian dan konsentrasi Anda, tapi semua yang Anda lakukan akan dilakukan dengan lebih baik, lebih efisien, dan bahkan lebih cepat. Pada waktunya, saat perhatian Anda semakin kuat, pikiran akan kehilangan kekuatan untuk mengalihkan perhatian Anda, dan Anda akan mendapati bahwa Anda dapat menyerap diri Anda dalam segala hal yang Anda lakukan. Ini akan meningkatkan efisiensi Anda, dan membuat Anda menikmati apapun yang Anda lakukan.

9 Tip untuk Memperkuat Kekuatan Perhatian

  1. Saat membaca buku, fokuskan mata dan pikiran Anda pada kata-kata, dan jangan memikirkan hal yang tidak berhubungan dengan apa yang Anda baca. Cobalah untuk mengabaikan suara di luar dan pikiran yang tidak relevan.
  2. Sambil berdandan, letakkan seluruh perhatian Anda pada tindakan berpakaian.
  3. Sambil mandi, perhatikan setiap bagian tubuh yang sedang Anda rendam dan cuci.
  4. Saat Anda membersihkan rumah, memotong rumput atau memasak, berkonsentrasi pada setiap tindakan dan gerakan, tanpa melamun atau memikirkan hal lain.
  5. Sambil bekerja, fokuskan pikiran Anda pada apa yang Anda lakukan, seolah-olah itu adalah satu-satunya hal penting di dunia ini, bahkan jika Anda tidak menyukai pekerjaan Anda.
  6. Sambil bekerja, berjalan, atau terlibat dalam aktivitas fisik apa pun, jangan melamun atau memikirkan apa pun yang memasuki pikiran Anda. Sebagai gantinya, fokuskan perhatian Anda pada apa yang Anda lakukan.
  7. Dalam percakapan, dengarkan dengan saksama apa yang orang katakan.
  8. Sambil makan, fokuskan pikiran atau makanan Anda dan saat menikmatinya.
  9. Selalu lakukan satu per satu.
Anda tidak harus melakukan semua hal di atas, setiap saat. Bahkan beberapa menit, sesekali, akan melakukan keajaiban bagi Anda, dan mengembangkan kekuatan perhatian Anda. Bertahanlah, dan Anda akan mendapatkan kemampuan yang sangat berguna, yang akan membantu Anda dalam banyak kesempatan dalam hidup Anda.

No comments:

Post a Comment