Thursday, 13 July 2017

Kekuatan dalam Konsentrasi

Kekuatan pikiran seperti sinar matahari. Saat mereka terkonsentrasi, mereka menerangi. "- Swami Vivekananda

Ketika saya masih kecil, saya melihat bagaimana kaca pembesar bisa membakar selembar kertas, saat sinar matahari terfokus melalui satu titik. Api hanya bisa dinyalakan, saat sinar matahari terkonsentrasi pada titik kecil. Ketika kaca pembesar dipindahkan terlalu jauh, atau terlalu dekat ke kertas, sinar tidak cukup terfokus, dan tidak ada yang terjadi.

Pengalaman ini, menggambarkan dengan jelas, bagaimana kekuatan konsentrasi bekerja. Ini adalah keterampilan, yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki perhatian Anda pada satu pemikiran atau subjek tunggal, sementara pada saat yang sama tidak termasuk kesadaran Anda terhadap hal lain.

"Kekuatan konsentrasi bermanifestasi sebagai perhatian yang terfokus dan sebagai satu pikiran yang tajam."

Bila Anda memusatkan pikiran, Anda akan menghemat energi dan tidak membuangnya dari pikiran atau kegiatan yang tidak relevan. Inilah sebabnya, mengembangkan konsentrasi sangat penting bagi siapa saja yang bercita-cita menjadi lebih efisien dan bertanggung jawab atas hidupnya. Keterampilan ini sangat penting untuk setiap jenis kesuksesan. Tanpa itu, usaha Anda bisa tersebar, namun dengan itu, Anda bisa mencapai hal-hal hebat.

Konsentrasi memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Ini membantu dalam belajar, memungkinkan pemahaman yang lebih cepat, meningkatkan ingatan, membantu dalam memusatkan perhatian pada tugas, pekerjaan atau sasaran, dan karena itu, mencapainya dengan lebih mudah dan efisien. Ini adalah alat yang ampuh untuk penggunaan visualisasi kreatif yang efisien, dan ini juga membantu dalam mengembangkan kekuatan psikis.

Bila kemampuan ini kuat, pikiran lebih memperhatikan Anda dan tidak terlibat dalam pikiran negatif atau kekhawatiran yang sia-sia. Kemampuan ini memainkan peran penting dalam meditasi, mendapatkan penguasaan mental, dan mencapai ketenangan pikiran.

Tanpa itu, pikiran hanya melompat gelisah dari satu pikiran ke pikiran lain, tidak membiarkan Anda bermeditasi dengan benar.

Apakah Anda sekarang menyadari, mengapa sangat penting dan bermanfaat untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi?

Untuk mengembangkan kekuatan ini Anda perlu melatih dan melatihnya. Lupakan semua alasan Anda tentang tidak punya waktu atau terlalu sibuk. Jangan katakan bahwa situasinya tidak tepat, atau Anda tidak dapat menemukan tempat yang sepi untuk berolahraga. Dengan sedikit perencanaan, keinginan dan motivasi, Anda selalu dapat menemukan waktu untuk berolahraga setiap hari, tidak peduli seberapa sibuknya Anda.
Pikiran gelisah

Pikiran mengklaim perhatian kita terus-menerus, membuang-buang waktu dan energi kita untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak berguna. Mereka sebenarnya, mengatur hidup kita. Kita telah terbiasa dengan kondisi ini sehingga kita menganggapnya alami.

Saat bernapas, kita tidak perlu memperhatikan setiap inhalasi dan pernafasan. Kita menjadi sadar akan proses bernafas, hanya bila kita mengalami kesulitan bernapas, seperti saat hidung kita tersumbat, karena pilek, atau saat kita berada di ruangan yang tidak berventilasi.

Sama halnya dengan berpikir. Kita menjadi sadar akan serangan pikiran kita yang terus-menerus, dan ketidakmampuan kita untuk menenangkan mereka, hanya jika kita perlu berkonsentrasi, memecahkan masalah atau belajar. Kami juga benar-benar menyadarinya, saat kita memiliki kekhawatiran atau ketakutan.

Periksa situasi yang sudah dikenal ini. Anda perlu mempelajari sesuatu untuk pekerjaan Anda atau untuk ujian. Anda duduk dengan nyaman di sofa dengan buku di tangan Anda dan mulailah membaca. Setelah beberapa saat, Anda merasa lapar dan pergi ke dapur untuk makan sesuatu.

Anda kembali ke buku itu, tapi beberapa saat kemudian Anda mendengar orang berbicara di luar. Anda mendengarkan mereka beberapa saat dan kemudian membawa perhatian Anda kembali ke buku.

Setelah beberapa saat, Anda merasa gelisah dan menyalakan radio untuk mendengarkan musik. Anda terus membaca beberapa saat, lalu mengingat kejadian yang terjadi kemarin, dan mulai memikirkannya.

Saat melihat jam tangan Anda, Anda takjub saat mengetahui bahwa satu jam penuh telah berlalu, dan Anda hampir tidak membaca apapun.

Inilah yang terjadi ketika seseorang kekurangan konsentrasi. Bayangkan apa yang bisa Anda capai, jika Anda bisa mengendalikan perhatian Anda dan memusatkan pikiran Anda!

Pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik, seperti membawa beban berat, misalnya memperkuat otot. Namun, hal itu tidak sama dengan berolahraga setiap hari di gym. Membaca dan belajar, melatih pikiran, tapi untuk mendapatkan konsentrasi kuat, Anda perlu berlatih setiap hari, seperti latihan di gym.
Ketahanan batin terhadap konsentrasi berkembang

Untuk mengembangkan kemampuan ini, Anda harus melatih pikiran Anda. Kebanyakan orang percaya bahwa konsentrasi adalah aktivitas yang berat dan melelahkan, dan ini melibatkan usaha dan ketegangan, yang sulit dan tidak menyenangkan. Keyakinan ini, yang biasanya dimulai sejak usia dini, tidak benar.

Orangtua dan guru mengharapkan anak belajar, mengerjakan pekerjaan rumah mereka dan mendapatkan nilai bagus. Terkadang, mereka menggunakan tindakan disipliner terhadap anak-anak. Hal ini membuat anak merasa dipaksa melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai.

Memberitahu anak sering, bahwa dia tidak berkonsentrasi dengan cukup baik, menciptakan keengganan bawah sadar untuk konsentrasi dan belajar. Ini menjadi terkait dengan paksaan, kurangnya kebebasan, dan melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai. Saat anak-anak tumbuh dewasa, tidak mengherankan bahwa kekuatan konsentrasi mereka terlalu lemah.

Meskipun kebanyakan orang akan mengakui bahwa konsentrasi yang baik adalah aset yang hebat, namun kebanyakan dari mereka tidak melakukan apapun untuk memperkuatnya, karena mereka tidak tahu bagaimana, dan karena mereka tidak memiliki motivasi untuk melakukannya.

Konsentrasi bisa menyenangkan, jika didekati dengan cara yang benar. Ini harus dipraktekkan dengan sukacita, sikap positif, optimisme, dan pemahaman akan kemungkinan besarnya.
Manfaat mengembangkan kekuatan konsentrasi

Ada banyak manfaat untuk mengembangkan kekuatan konsentrasi. Berikut adalah beberapa dari mereka:
  • Kontrol pikiran Anda.
  • Kemampuan untuk memfokuskan pikiran Anda.
  • Ketenangan pikiran
  • Bebas dari pikiran yang sia-sia dan menyebalkan.
  • Kemampuan untuk memilih pikiran Anda.
  • Memori yang lebih baik
  • Peningkatan kepercayaan diri.
  • Kekuatan batin.
  • Ketaatan yang lebih kuat.
  • Ketegasan
  • Kemampuan untuk belajar dan memahami lebih cepat.
  • Kebahagiaan batin
  • Penggunaan visualisasi kreatif lebih kuat dan efisien.

Apakah ini tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Kembangkan kekuatan konsentrasi dan cari tahu sendiri!

Lantas bagaimana dengan mulai mengembangkan kekuatan konsentrasi hari ini?

No comments:

Post a Comment